Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di Tabungan Masyarakat Desa (TAMASA) Pada PT. BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Rindi, Antika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1129/1/13090170%20Rindi%20Antika.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1129/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1129/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1129/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1129/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di Tabungan Masyarakat Desa (TAMASA) pada PT.BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT.BPR-LPN Sungai Rumbai. Teknik pengambilan sampel dengan accidentail sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama produk berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,521. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,256 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila produk meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,521 dalam setiap satuannya. Kedua harga berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai ko fisien sebesar 0,289. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,228 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila harga meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,289 dalam setiap satuannya. Ketiga lokasi berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,442. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,614 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila lokasi meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,442 dalam setiap satuannya. Keempat promosi berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,447. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,477 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila promosi meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,477 dalam setiap satuannya. Kelima orang berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,311. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,468 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila orang meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,311 dalam setiap satuannya. Keenam proses berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,515. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,248 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila proses meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,515 dalam setiap satuannya. Ketujuh bukti fisik berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,243. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,555 > ttabel sebesar 1,66629. Artinya apabila bukti fisik meningkat sebesar 1 satuan, maka keputusan nasabah akan meningkat sebesar 0,243 dalam setiap satuannya. Kedelapan produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dimana diperoleh nilai Fhitung 81,368 > Ftabel 2,14 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Di sarankan pada PT.BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Daharmasraya untuk meningkatkan Bukti fisik seperti meningkatkan kualitas dari interior ruangan, meningkatkan sistem antrian elektronik dan meningkatkan kualitas Ruang Tunggu yang nyaman. Rindi Antika (13090170/2013) The Influence of Marketing Mix Toward Customers’ Decision to Save In Tabungan Masyarakat Desa (TAMASA) PT.BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Thesis Economy Education Program, STKIP PGRI West Sumatera, Padang, 2017, with Counselors 1. Erira, M.PdE and 2. Yola Malinda, M.Si The aims this study is to know the influence of Marketing Mix Toward Customers’ Decision to Save in Tabungan Masyarakat Desa (TAMASA) PT.BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. This study used survey research. The populasion of this study is all of Customers PT.BPR-LPN Sungai Rumbai. The researcher colleting data used accidentail sampling with 80 peoples. Analysis of data uesd descriptive analysis and inductive analysis. Helped with SPSS program 16.0 version. The results of this study are: First significant influence of products toward customers’ decision. That showed from coefficient value 0,521. There is significant bacause thitung 2,256 > ttabel as big as 1,66629. It means if the product increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,521 on each unit. Second significat influence of cost toward customers’ dicision. That showed from coefficient value 0,289 on each unit. There is significant bacause thitung 2,228 > ttabel as big as 1,66629. It means if the cost increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,289 on each unit. Third significant influence of site toward customers’ dicision. That showed from coefficient value 0,442. There is significant because thitung 3,614 > ttabel as big as 1,66629. It means if the site increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,442 on each unit. Fourth significant influence of promotion toward customers’ decision. That showed from coefficient value 0,447. There is significant because thitung 2,477 > ttabel as big as 1,66629. It means if the promotion increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,477 on each unit. Fifth significant influence of person toward customers’ decision. That showed from coefficient value thitung 0,311. There is significant bacause thitung 2,468 > ttabel as big as 1,66629. It means if the person increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,311. Sixth significant influence of process toward customers’ decision. That showed from coefficient value 0,515. There is significant because thitung 3,248 > ttabel as big as 1,66629. It means if the process increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,515 on each unit. Seventh significant influence of physical proof toward customers’ decision. That showed from coefficient value 0,243. There is significant bacause thitung 2,555 > ttabel as big as 1,66629. It measn if the physical proof increase 1 unit, then customers’ decision will increase 0,243 on each unit. Eighth product, cost, site, promotion, person, process and physical proof can give positive influence and significant toward customers’ decision. Where the result of Fhitung 81,368 > Ftabel 2,14 with significant standard 0,000 < = 0,05. It means Ha accepted and Ho refused. The suggested for PT.BPR-LPN Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya to increase the Physical Proof such as the quality of room interior, waiting line electronic system and to increase the quality of waiting room more comfortable.