Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap siswa yang diam dan malu bertanya, tidak merasa percaya diri untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan guru sehingga menyebabkan rendah pemahaman konsep matematis siswa yang terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan teknik spotlight berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment dengan rancangan penelitian Pre-Test and Post-Test Group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIIIA sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test) dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung = 8,732 dan t tabel = 2.045 dengan α = 0,05, karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan teknik spotlight berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015.