Pengembangan Modul Berbasis Kontruktivisme untuk Materi Segi Empat dan Segitiga Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII MTsN Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung
Main Author: | Asma, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11280/3/10050284%20%20ASMA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11280/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11280/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11280/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11280/ |
Daftar Isi:
- Pada pembelajaran matematika, siswa hanya mengandalkan buku teks sebagai buku pegangan pada proses pembelajaran. Namun, buku teks tersebut masih sulit dipahami khususnya bagi siswa kelas VII pada materi segi empat dan segitiga. Siswa belum mampu mengkontruksi pengetahuannya sendiri melalui materi yang ada pada buku teks. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah bahan ajar berupa modul yang dapat membantu siswa untuk mengkontruksi pikiran mereka dengan menggunakan pola pikir yang sederhana dan mudah dipahami siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Pendefenisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun tahap yang dilalui pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop). Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dengan hasil validasi sangat valid. Setelah diperoleh modul yang valid kemudian modul diuji coba. Hasil analisis data uji coba menunjukkan modul sangat praktis. Ini berarti modul berbasis kontruktivisme untuk materi segi empat dan segitiga pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTsN Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung telah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar.