Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang rendah, dan siswa belum bersemangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe kuis tim, (2) apakah dengan menerapkan strategi pembelajatran aktif tipe kuis tim berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Padang yang terdiri dari 7 kelas. Kelas sampel adalah kelas VIII.2. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas tes adalah 0,913. Kuis dianalisis dengan melihat rata-rata setiap kuis perindikator. Tes akhir dianalisis dengan melihat rata-rata setelah perlakuan dan membandingkan dengan standar yang ditetapkan yaitu 40. Berdasakan hasil analisis data diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen adalah 76,58 lebih tinggi dari nilai standar yang ditetapkan dan terjadi peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 0 % menjadi 68 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe kuis tim berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 23 Padang.