Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Teknik Permainan SUCKER BALL Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI SOS SMAN 1 Lembah Gumanti

Main Author: Anifa, Guswetri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11278/1/09050243%20ANIFA%20GUSWETRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11278/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11278/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11278/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Hal ini diakibatkan karena siswa masih menganggap matematika pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga minat belajar siswa kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan permainan Sucker Ball. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah dengan menerapkan permainan Sucker Ball berpengerahuh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SOS SMAN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SOS SMAN 1 Lembah Gumanti. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random terhadap subjek. Yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas XI SOS 2. Instrumen= penelitian adalah tes akhir berbentuk esay dengan reliabilitas tes adalah 0,6125. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data, dapat dilihat pengaruh pemahaman konsep matematis siswa meningkat pada setiap pertemuan. Dan uji hipotesis diperoleh rata-rata nilai akhir adalah 78,92 dan rata-rata nilai awal 47,0 sehingga hipotesis yang diajukan diterima, pemahaman matematika siswa pada kelas sampel meningkat dari nilai awal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Sucker Ball berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SOS SMAN 1 Lembah Gumanti.