Penerapan Metode Permainan Sucker Ball Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok

Main Author: Agusmida, Yetni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11274/1/08050072%20AGUSMIDA%20YETNI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11274/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11274/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11274/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kegembiraan, semangat dan minat siswa selama pembelajaran matematika berlangsung, dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode permainan Sucker Ball lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensoinal pada kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir belajar dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 76,53 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 71,14. Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung= 1,2023 dan ttabel= 1,673, sehingga thitung>t tabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode permainan Sucker Ball lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelasVIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok pada taraf kepercayaan 95%.