Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Materi Suku Banyak Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Tamansiswa Padang
Main Author: | Adrida, Muttiana Roski |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11273/2/10050190%20ADRIDA%20MUTTIANA%20ROSKI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11273/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11273/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11273/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11273/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan siswa belum memuat semua materi secara sistematis dengan kompetensi dasar. Diperlukan bahan ajar yang membimbing siswa untuk belajar mandiri berupa modul. Modul yang dikembangkan adalah modul berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis penemuan terbimbing untuk materi Suku Banyak yang valid dan praktis di SMA Tamansiswa Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan, pengembangan ini mengunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap develop yaitu tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian adalah (1)lembar validasi, (2)angket praktikalitas dan (3)pedoman wawancara. Validasi modul mempunyai validitas 3,2 kategori valid. Berdasarkan hasil angket kepraktisan dengan guru mempunyai praktikalitas 85,63% kategori sangat praktis. Hasil angket kepraktisan dengan siswa mempunyai praktikalitas 94,08% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis penemuan terbimbing untuk materi suku banyak pada pembelajaran matematika kelas XI IPA SMA Tamansiswa Padang yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.