Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yosi, Marsiwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11255/2/10090021%20YOSI%20MARSIWAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11255/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11255/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11255/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11255/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan mengenai Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif. Penelitian ini merupakan penelitian suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang telah terjadi, serta menentukan ada tidaknya pengaruh suatu variabel terhadap variabel terikat, dimana populasi dijadikan sampel yang digunakan sebanyak 104 siswa dari populasi sebanyak 140 siswa. Data sarana prasarana (X1) dan motivasi belajar (X2) diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner atau angket sedangkan data hasil belajar ekonomi siswa (Y) diperoleh dari dokumentasi berupa nilai ujian semester II. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yang terdiri dari uji kelayakan model: uji maksimum likelihood (ML) dan uji ramsey, uji asumsi klasik: uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis jalur, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan, 2. Sarana prasarana dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama kepada kepala sekolah agar lebih melengkapi sarana prasarana, karena sarana prasarana merupakan suatu alat penunjang bagi siswa dalam proses pembelajaran. Apabila sarana prasarana yang tersedia lengkap maka siswa akan lebih termotivasi dalam proses pembelajaran, dengan termotivasinya siswa dalam belajar maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi apabila sarana prasarana yang ada lengkap dan motivasi belajar siswa tinggi maka hasil belajar siswa akan meningkat.