Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Pemanfaatan Waktu Luang Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Satria, Wati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11226/4/10090098%20SATRIA%20WATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11226/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11226/2/BAB%20VI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11226/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11226/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru terhadap hasil belajar siswa 2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 3) Pengaruh pemanfaatan waktu luang siswa terhadap hasil belajar siswa 4) Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru, aktivitas belajar siswa dan pemanfaatan waktu luang siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Muhammadiyah 6 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang berjumlah 138 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Persepsi pengelolaan kelas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Muhammadiyah 6 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0, 469. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,661 > ttabel sebesar 1,659 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05 berarti Ha diterima dan tolak H0. Artinya apabila persepsi pengelolaan kelas guru naik satu persen, maka hasil belajar Ekonomi akan naik sebesar 0, 469 satuan. Kedua, Aktivitas belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Muhammadiyah 6 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0, 226. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,021> ttabel 1,659 dan signifikan 0,000 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya apabila aktivitas belajar siswa guru naik satu persen, maka hasil belajar Ekonomi akan naik sebesar 0, 226 satuan. Ketiga, Pemanfaatan waktu luang siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Muhammadiyah 6 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0, 797. Dimana diperoleh nilai sebesar thitung, 5,656 > ttabel sebesar 1,659 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya apabila pemanfaatan waktu luang siswa naik satu persen, maka hasil belajar Ekonomi akan naik sebesar 0, 797 satuan. Keempat, Pengelolaan kelas guru, aktivitas belajar siswa dan pemanfaatan waktu luang siswa secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah padang, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung 96,321 > Ftabel 2,69 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05 maka terima Ha dan tolak H0. Artinya persepsi pengelolaan kelas guru, aktivitas belajar siswa dan pemanfaatan waktu luang siswa yang mempengaruhi varian pada hasil belajar sebesar 7,45% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.