Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran, Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Bayang Kab. Pesisir Selatan

Main Author: Sabadan, Harino
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11225/2/10090112%20SABDAN%20HARINO.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11225/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11225/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11225/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11225/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap Prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bayang, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bayang, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran, dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bayang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bayang berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak jumlah populasi yaitu 91 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (8,383 > 1,662), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (8,828 > 1,662), terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama – sama antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bayang tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel(137,973 > 3,10) dan R Square 0,758.