Pengaruh Lingkungan Belajar, Kesiapan Belajar, Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat tahun 2016.

Main Author: Marta, Leni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1120/2/12090282%20MARTA%20LENI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1120/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1120/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1120/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1120/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar, 2) Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar, 3) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar, 4) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar, 5) Pengaruh Lingkungan Belajar, Kesiapan Belajar, Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Kesiapan Belajar, Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 166 orang, terdiri dari lima lokal. Pengambilan sampel menggunakan teknik berstrata. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian: Pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar (X1) terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi 0,408 dan thitung (2,515) > ttabel (1,68107). Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar (X2) terhadap Presatasi Belajar (Y) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi 0,206 dan thitung (2,513) > ttabel (1,68107). Ketiga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Guru (X3) terhadap Presatasi Belajar (Y) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi (0,305) dan thitung (2,241) > ttabel(1,68107). Keempat terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar (X4) terhadap Presatasi Belajar (Y) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi (0,355) dan thitung (3,414) > ttabel (1,68107) dan Kelima terdapat pengaruh signifikan antara Lingkungan Belajar, Kesiapan Belajar, Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar (Y) Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis menyarankan guru harus lebih memperhatikan lingkungan belajar, kesiapan belajar, guru mempunyai kompetensi mengajar yang baik, guru dan keluarga harus memberikan motivasi belajar siswa agar prestasi siswa meningkat dan memuaskan.