Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sman 2 Lengayang
Main Author: | Afrita, Dewita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/112/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/112/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/112/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/112/4/13010018%20AFRITA%20DEWITA%20SARI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/112/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Lengayang yang masih dibawah KKM pada materi virus, hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, karena guru kurang bervariasi dalam menerapkan metode pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dituntut untuk lebih bervariasi menggunakan metode atau model pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model yang bisa digunakan guru yaitu model Discovery Learning yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Teknik penganbilan sampel adalah dengan cara purposive sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah X3 dan kelas kontrol X4. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif adalah berupa lembar observasi yaitu sikap bertanggung jawab dan menghargai pendapat teman dalam proses belajar mengajar, Pada ranah kognitif yang dilihat adalah tes hasil belajar dengan jumlah soal 28 butir. pada ranah psikomotor dilihat laporan diskusi dan kelengkapan isi hasil diskusi serta kebersihan dan kerapian tulisan. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian ranah afektif siswa kelas eksperimen lebih tinggi 79,72 dari pada kelas kontrol 76,82, setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,64 dan ttabel 1,68 bearti thitung < ttabel hipotesis ditolak. rata-rata tes ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi 77,62 dari pada kelas kontrol 72,23, setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,81 dan ttabel 1,68 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Untuk Pada ranah psikomotor siswa hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen lebih tinggi 80,69 dari pada kelas kontrol 77,21 setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,93 dan ttabel 1,68 bearti thitung >ttabel maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningktan hasil belajar biologi siswa SMAN2 Lengayang dengan penerapan model Discovery Learning desrtai media gambar pada ranah kognitif dan psikomotor, sedangkan pada ranah afektif belum terjadi peningkatan hasil belajar.