Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Respon Lingkungan Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Kota Padang
Main Author: | Putri, Tresia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11192/1/09090226%20PUTRI%20TRESIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11192/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11192/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11192/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11192/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan respon lingkungan belanja secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Matahari Departement Store Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang konsumen. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan respon lingkungan belanja secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store di Kota Padang digunakan analisa uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Kota Padang. Hal ini ditunjukkan dengan koefesien regresi sebesar 0,487 dan nilai thitung (10,057) > ttabel (1,659), artinya setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar satu satuan akan meningkatkan keputusan pembelain sebesar 0,487 satuan; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara respon lingkungan belanja terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Kota Padang. Hal ini ditunjukkan dengan koefesien regresi sebesar 0,399 dan nilai thitung (7,422) > ttabel (1,659), artinya setiap peningkatan respon lingkungan belanja sebesar satu satuan akan meningkatkan keputusan pembelain sebesar 0,399 satuan ; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan dan respon lingkungan belanja secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Kota Padang karena Fhitung (10,057) > Fhitung (143,052). Besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan dan respon lingkungan belanja terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Kota Padang yaitu 71% dan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Bagi manajemen dan karyawan Matahari Departemen Store disarankan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen yang berbelanja di Matahari Departemen Store agar konsumen tertarik berbelanja dan selalu memberikan rasa nyaman bagi konsumen yang berbelaja dengan memberi keleluasaan untuk menimbulksn kegairahan dan kesenagan bagi konsumen. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Respon Lingkungan Belanja dan Keputusan Pembeli