Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang
Main Author: | Nurma, Fikrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11188/2/10090207%20NURMA%20FIKRIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11188/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11188/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11188/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11188/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang, 2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang, 3) Pengaruh motivasi belajar siswa dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 1,02. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 8,39 > ttabel sebesar 1,99 dengan nilai 0,00 < α= 0,05 maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya apabila motivasi belajar siswa naik satu persen, maka hasil belajar akan naik sebesar 1,02. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,37. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,05> ttabel sebesar 1,99 dengan nilai 0,003 < α= 0,05 maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya apabila kompetensi profesional guru naik satu persen, maka hasil belajarakan naik sebesar 0,37. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang, ditunjukkan oleh nilai Fhitung 137,59 > Ftabel 3,12 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya motivasi belajar siswa dan kompetensi profesional guru mempengaruhi varian pada hasil belajar sebesar 78,1% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.