Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VIII SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan
Main Author: | Nora, Afrina yenti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11186/1/10090013%20NORA%20AFRINA%20YENTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11186/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11186/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11186/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11186/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)Pengaruhpendidikan orang tuaterhadap hasil belajar siswa IPS kelas VIII di SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan 2) Pengaruhpendapatan orang tuaterhadap hasil belajar siswa IPS kelasVIII SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan, 3) Pengaruhmotivasi belajarsiswa terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VIII SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan, 4) Pengaruh pendidikan orang tua, pendapatan orang tua danmotivasi belajarsiswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa IPS kelasVIII SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulanAgustus2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelasVIII SMP N 4Kecamatan Koto XI Tarusan berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, ujiheteroskedastisitas, ujimultikoleniaritas, uji autokorelasi dan analisis regresiberganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antarapendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VIII hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (2,945 > 1,65950), 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa IPS kelasVIIIberdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (2,504 > 1,65950), 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasibelajarsiswaterhadap hasil belajar siswa IPS kelas VIII berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (17,406 > 1,65950), 4) terdapat pengaruh yang pofitif dan signifikan secara bersama–sama antarapendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan motivasi belajarsiswa terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VIIIdi SMP N 4 Kecamatan Koto XI Tarusan tahun ajaran 2014/2015 berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel(101,624 >2,69) dan R Square0,000. Berdasarkan hasil penelitian di sarankan kepada orang tua siswa supaya memperhatikan dan membimbing aktivitas belajar anak di rumah sehingga mereka dapat mengatur waktu untuk belajar agar hasil belajar anak di sekolah dapat meningkat dalam menjalani pendidikan agar tercapainya suatu tujuan yang maksimal.