Pengaruh Kebutuhan Berprestasi, Nilai Pribadi, dukungan Keluarga dan Role Models Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 1 Padang

Main Author: Mimi, Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11184/1/10090042%20MIMI%20FAUZIAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11184/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11184/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11184/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11184/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Kebutuhan Berprestasi Terdadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 1 Padang, 2) Pengaruh Nilai Pribadi Terhadap Minat Berwirausaha siswa Kelas XI SMKN 1 Padang, 3) Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 1 Padang, 4) Pengaruh Role Models Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 1 Padang dan 5) Pengaruh Kebutuhan Berprestasi, Nilai Pribadi, Dukungan Keluarga dan Role Models Terhadap Minat Berwirausah Siswa Kelas XI SMKN 1 Padang.Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likehoodratio, uji ramsey, uji normalitas, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebutuhan berprestasi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Padang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.504, dengan nilai signifikan 0,556 > = 0,05, berarti Ha ditolak dan H0 diterima. Kedua, nilai pribadi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha sswa kelas XI SMKN 1 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 1.435, dengan nilai signifikan 0,031< = 0,05, berarti Ha diterima dan H0ditolak. Ketiga, dukungan keluargatidak adanya berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar -0.115, dengan nilai signifikan -0.635< = 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Keempat, tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara role models terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Padang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.429,dengan nilai signifikan 0,007 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kelima. Kebutuhan berprestasi, nilai pribadi, dukungan keluarga dan role models secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Padang. yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung48,831> Ftabel3,48 dan nilai signifikan 0,000< = 0,05, maka tolak H0 dan terima Ha. Artinya kebutuhan berprestasi, nilai pribadi, dukungan keluarga dan role models terhadap minat berwirausaha sebesar 72% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Untuk itu dorongan orang tua juga dibutuhkan untuk memumbuhkan minat berwirausaha dalam diri siswa.