Pengaruh motivasi belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI sumatera Barat

Main Author: Mestika, Weni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11182/1/10090012%20MESTIKA%20WENI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11182/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11182/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11182/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11182/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi konsentrasi akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat 2) Pengaruh biaya pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi konsentrasi akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat, 3) Pengaruh motivasi belajar dan biaya pendidikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi konsentrasi akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi konsentrasi akuntansi angkatan 2011 dan 2012, berjumlah 233 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas,uji heteroskedastisitas,uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (5,544 > 1,29376), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara biaya pendidikanterhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (8,868 > 1,29376), terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara motivasi belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi konsentrasi akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel(288,474>2,74) dan R Square0,896. Berdasarkan hasil penelitian di sarankan kepada orang tua siswa supaya memperhatikan dan membimbing aktivitas belajar anak di rumah sehingga mereka dapat mengatur waktu untuk belajar agar prestasi belajar anak di sekolah dapat meningkat. Dan tidak lupa pula memberikan perhatian terhadap biaya yang dibutuhkan anak dalam menjalani pendidikan agar tercapainya suatu tujuan yang maksimal.