Pengaruh Trust in brand dan Switching Cost Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Merek Simpati Di Kota Padang
Main Author: | Maya, Yolanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11181/2/10090193%20MAYA%20YOLANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11181/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11181/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11181/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11181/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh trust in brand dan swiching cost yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada merek Simpati di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan kartu Simpati di Kota Padang dengan jumlah sampel 180 responden. Jenis penelitiannya adalah Deskriptif Asosiatif. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling yaitu teknik purposive sampling yang berjumlah 180 orang. Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji kesahihannya dan kehandalannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk mengetahui pengaruh trust in brand dan switching cost terhadap loyalitas konsumen digunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisa uji t untuk variabel trust in brand diperoleh nilai thitung sebesar 13.211 > ttabel sebesar 1.99006, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara trust in brand terhadap loyalitas konsumen pada kartu Simpati di Kota Padang. Untuk switching cost diperoleh nilai thitung sebesar 4.594 > ttabel sebesar 1.99006, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara switching cost terhadap loyalitas konsumen pada kartu Simpati di Kota Padang. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji F yang dilakukan maka secara parsial dapat diketahui bahwa trust in brand dan switching cost memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen merek Simpati di Kota Padang. Kemudian secara simultan trust in brand dan switching cost memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen merek Simpati di Kota Padang dengan nilai F hitung sebesar 376.562 dan signifikan 0,000 <0,05. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa trust in brand dan switching cost hanya memiliki pengaruh 81% terhadap loyalitas konsumen merek Simpati di Kota Padang, sedangkan 19% ditentukan oleh faktor-faktor lain selain trust in brand dan switching cost dalam penelitian ini. Hasil ini diketahui dari nilai R Square sebesar 0,810 (81%). Jadi dapat disimpulkan bahwa trust in brand dan switching cost berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu diharapkan pada PT.Telkomsel meningkatkan trust in brand dan switching cost agar konsumen merek Simpati loyal tehadap kartu merek Simpati. Bagi peneliti selanjutnya supaya dapat memasukkan variabel lain dan sampel lebih banyak agar hasil yang ditemukan lebih baik dalam penelitian selanjutnya.