Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Padang
Main Author: | Lisa, Wilanda Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11174/1/10090026%20LISA%20WILANDARI%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11174/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11174/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11174/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11174/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Persepsi siswa tentang pengelolaan kelas siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 16 Padang, 2) Pengaruh minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Padang, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang berjumlah 248 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 153 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap hasil belajar kelas X pada mata pelajaran Ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (21,566 > 1,975), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (14,259 > 1,975), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi, terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Padang tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan hasil analisis data Fhitung>F tabel(389,712 > 3,06) dan R Square 0,839. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Diharapkan guru dapat mengelola kelas dengan baik dan guru selalu memperhatikan dan mengkondisikan situasi dan kondisi pada saat pembelajaran berlangsung sehingga tercipta kondisi yang kondusif dalam proses belajar mengajar. Begitu pula dengan siswa supaya tidak mudah menyerah dan tidak mudah bosan dalam belajar ekonomi.