Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi interpersonal keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 3 SUTERA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi, Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas VII dan orang tua yang berjumlah sebanyak 60 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara pourposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini pada tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 3 SUTERA, terlihat dari sig, karena t hitung > t tabel (4,199 > 2,000), hubungan komunikasi interpersonal keluarga dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 3 SUTERA termasuk sedang (r = 0,483) dan kontribusi yang diberikan sebesar 23,3 %. karena t hitung > t tabel (8,740 > 2,000), hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 3 SUTERA termasuk kuat (r = 0,754) dan kontribusi yang diberikan sebesar 56,8 %.Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 3 SUTERA, karena F hitung > F tabel (37,554 > 3,17), hubungan komunikasi interpersonal keluarga dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 3 SUTERA termasuk sedang (r = 0,754) dan kontribusi yang diberikan sebesar 56,9 %.