Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi siswa kelas XI tentang program full day school (sekolah sehari penuh) di SMA Negeri 2 Sawahlunto yang ditinjau dari segi motivasi dan minat siswa tersebut. Jenis penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif. Disini informan penelitian diambil secara Purposive Sampling dan Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sawahlunto dengan penunjukan siswa yang unggul dan siswa yang biasa secara keseluruhan. Hasil penelitian di lapangan: (1) Program full day school yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sawahlunto sangat bermanfaat seperti dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan, serta siswa dapat mengulang pelajaran yang lalu. Disini orang tua, guru, dan teman-teman sebaya memberikan motivasi seperti memberikan saran untuk lebih giat belajar dan orang tua juga menyiapkan bekal dan hal-hal yang dirasa perlu oleh anak mereka sehingga dari motivasi yang diberikan dapat mewujudkan cita-cita mereka dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (2) Selama menjalankan program full day school siswa merasakan hal yang senang dan tidak senang. Hal senang yang dirasakan oleh siswa diantaranya bisa meningkatkan silaturahmi dengan warga sekolah, menambah ilmu pengetahuan dan dapat mengembangkan bakat yang ada di dalam diri siswa itu sendiri baik dibidang olahraga, kesenian maupun mata pelajaran. Sedangkan yang tidak senang seperti masih ada beberapa guru yang terlalu kaku dalam menyampaikan pembelajaran, guru masih terfokus kepada buku pembelajaran serta kurangnya fasilitas dan perlengkapan sekolah sehingga membuat kegiatan full day school belum berjalan begitu maksimal. Jadi, diharapkan kepada siswa untuk tetap fokus selama aktifitas berlangsung, orang tua, guru dan teman sebaya untuk tetap memberikan motivasi, dan diharapkan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada di sekolah agar aktifitas berjalan dengan lancar.