Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Tingkat Pendidikan Orang tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | Eko, Pradana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11141/1/10090170%20EKO%20PRADANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11141/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11141/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11141/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11141/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 1 Padang, 2) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 1 Padang, 3) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 1 Padang, 4) Pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 9,550 > ttabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2,595 > ttabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikan 0,011 < = 0,05. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Diamana diperoleh nilai thitung sebesar 2,754 > ttabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikan 0,007 < = 0,05. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua, tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh Fhitung sebesar 104,086 > Ftabel sebesar 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05.