Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Jumlah Tanggungan, Pendapatan Orang Tua dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Dina, Asnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11139/1/10090272%20DINA%20ASNITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11139/2/ABSTRAK1.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11139/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11139/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11139/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orang tua, jumlah tanggungan, pendapatan orang tua dan penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2014 di SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 6,042 > ttabel sebesar 1,663 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara jumlah tanggungan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,854 > ttabel sebesar 1,663 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 1,995 > ttabel sebesar 1,663 dengan nilai signifikan 0,049 < = 0,05. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,191 > ttabel sebesar 1,663 dengan nilai signifikan 0,002 < = 0,05. 5) Terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara tingkat pendidikan orang tua, jumlah tanggungan, pendapatan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh Fhitung sebesar 75,149> Ftabel sebesar 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05.