Pengaruh Metode Memilah Dan Memilih Kartu (Card-Sort) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Fitri, Cahyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11011/1/09020132%20FITRI%20CAHYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11011/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11011/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11011/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11011/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan pemahaman intepretasi Fakta siswa. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang membuat siswa hanya mampu mengingat, tujuan dari pembelajaran sejarah salah satunya untuk melatih siswa berfikir kritis melalui fakta dalam pembelajaran sejarah. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman interpretasi fakta dalam pembelajaran sejarah melalui metode Memilah Dan Memilih Kartu (Card Sort). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Memilah Dan Memilih Kartu (Card Sort) terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA N 2 koto Baru Dharmasraya. Manfaat penelitian ini adalah mendorong guru sejarah berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dalam menemukan sendiri inti materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya. Untuk melakukan penelitian ini diperlukan dua sampel, pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas, untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas kontrol ialah kelas XI IPS 3. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas XI IPS SMA N 2 Koto Baru hasil belajar siswa ini terlihat dari rata-rata kelas eksperimen 7,4 sedangkan rata-rata kelas control hanya 5. Jadi rata-rat kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control, dari perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol di dapatkan hitungan thitung= 1,42 sedangkan ttabel =1,68 dengan demikian t hitung < ttabel maka hipotesis (0) diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerepan metode Memilah Dan Memilih Kartu (Card Sort) ternyata tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya.