Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Question Students Have (QSH) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 17 Padang
Main Author: | Elpina, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11004/1/10020026%20ELPINA%20YUNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11004/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11004/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11004/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11004/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPS (sejarah) masih berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan dari guru dan kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Selain itu kurang adanya variasi dalam menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan agar dapat menarik perharian siswa untuk belajar dan dapat mengaktifkan siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS (sejarah) siswa kelas VII SMPN 17 Padang tahun ajaran 2013/2014. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah penerpan model pembelajaran tipe Question Students Have (QSH) tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar IPS (sejarah) siswa dengan penerapan model pembelajaran Question Students Have lebih baik dari pada hasil hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran caramah dalam pembelajaran IPS (sejarah) siswa kelas VII SMPN 17 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian dilakukan di SMPN 17 Padang bulan April-Mai semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling sehingga diperoleh kelas VII1 sebagai kselas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS (sejarah) siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu 87,08 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,78. Uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga Thitung (2,84) > Ttabel (1,67) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti hipotesis diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Question Students Have (QSH) dengan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran IPS (sejarah) siswa kelas VII SMPN 17 Padang. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,08 lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,78. Penerapan strategi ini akan membantu siswa untuk mengingat, meningkatkan pemahaman dan memberi wawasan baru terhadap materi pelajaran Question Students Have (QSH) dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.