Persepsi Guru terhadap Pembelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Sei Beremas Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Deddy, Marta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10991/1/10020001%20DEDDY%20MARTA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10991/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10991/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10991/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10991/ |
Daftar Isi:
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu, seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum dan budaya yang bertujuan membentuk manusia yang demokratis, bertanggung jawab, yang peka terhadap masalah sosial. Berdasarkan pengamatan dan wawancara beberapa Guru IPS Terpadu dan kepala sekolah di SMPN 1 Sei. Beremas diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran IPS yang dilaksanakan guru ada yang sudah terlaksana dan ada yang belum terlaksana sebagai mestinya, sehingga tingkat pencapaian hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai batasan lulusan minimal yang diharapkan. Kurang terlaksananya pembelajaran IPS Terpadu diduga karena kurangnya sarana prasarana, kurangnya kemampuan belajar siswa dan kurangnya dukungan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Sei. Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif studi evaluatif, dengan analisis kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP N 1 Sei. Beremas Kabupaten Pasaman Barat Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, melalui teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi berupa RPP. Keakuratan data diuji dengan menggunakan triangulasi data, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Secara umum dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Sei. Beremas sudah baik. Dari segi merencanakan proses pembelajaran di SMPN 1 Sei. Beremas, para gurunya sudah membuat Program tahunan, Program semester, Silabus dan RPP sesuai dengan komponen-komponenya. Dari segi proses kegiatan mengajar, guru-guru IPS di SMP N 1 Sei. Beremas sudah cukup baik, dalam mengajar sesuai dengan keprofesionalannya. dalam melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup sesuai dengan komponen-komponennya. Dari segi mengevaluasi pembelajaran, para guru IPS SMPN 1 Sei Beremas belum maksimal melaksanakannya baik dalam mengulas materi, menyimpulkan, member tugas dan melakukan penilaian. Dari segi mematuhi peraturan dan melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah menunjukkan sudah baik, para guru-guru IPS SMPN 1 Sei. Beremas telah mampu melaksanakan peraturan-peraturan kepala sekolah serta tugas-tugas yang diberikan kepala sekolah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sei. Beremas Kabupaten Pasaman Barat Berpengaruh terhadap kinerja guru IPS Terpadu sehingga Kinerja guru IPS telah sesuai dengan komponen-komponennya.