Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Lengayang

Main Author: Nengsih, Hasrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1099/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1099/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1099/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1099/4/11010099%20NENGSIH%20HASRIDA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1099/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di SMAN 2 Lengayang kelas XI bahwa berjalan dengan maksimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pada saat guru menjelaskan materi masih banyak siswa yang kurang memperhatikan sehingga tidak membuat siswa termotivasi dalam belajar, kurangnya keaktifan dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran Sewaktu guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan memecahkan masalah atau soal-soal siswa lebih banyak diam dan tidak berani untuk menyampaikan pendapat sehingga proses pembelajaran yang berlangsung hanya secara monoton saja. Selain itu, model dan media pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat. Mengakibatkan hasil belajar siswa rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 80 pada materi Sistem Pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control-group Posttest Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II di SMAN 2 Lengayang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas sampel dengan cara pengundian, kelas XI.IA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IA4 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh berupa ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian LKS. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh nilai modus kelas eksperimen yaitu B (3,09) dan kelas kontrol yaitu A- (3,65). Ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,84 dan kelas kontrol adalah 78,05. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung (1,70) > ttabel (1,68) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima, sedangkan ranah psikomotor diperoleh nilai capaian optimum kelas eksperimen yaitu B+ (3,29) dan kelas kontrol yaitu B (3,11). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray disertai LKS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Lengayang pada materi sistem pernapasan tahun pelajaran 2016/2017.