Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah pertama, siswa kesulitan dalam menemukan ide dalam memulai menulis pengalaman pribadi. kedua, siswa sering mengulang-ulang kata yang telah diucapkan dalam bercerita. ketiga, siswa kurang tepat dalam menggunakan kosakata yang sesuai dengan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP N1 Lengayang kabupaten pesisir selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif menggunakan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Lengayang yang berjumlah 285 orang. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling, sampel berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan tes lisan. Pengumpulan data dilakukan dua tahap yaitu pertama, siswa menulis pengalaman pribadi dan kedua, siswa bercerita pengalaman pribadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahuisebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 1 Lengayang kabupaten pesisir selatan berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77,27. Kedua, kemampuan bercerita pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 1 Lengayang kabupaten pesisir selatan berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77,84. Ketiga, hubungan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP N 1 Lengayang terdapat hubungan yang signifikanyaitu hasil uji-t berada pada taraf 0,95 t hitung = 6,2> t tabel = 1,70 dengan demikian H1 diterima dan HO Ditolak.