Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut: (1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran berpidato, (2) pembelajaran berpidato jarang dilatihkan kepada siswa, (3) siswa kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas, (4) kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berpidato. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman ditinjau dari: struktur pidato, ketepatan ucapan, gerak-gerik dan mimik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2013-2014. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitian adalah hasil tes berpidato berdasarkan tiga indikator yaitu struktur pidato, ketepatan ucapan, gerak-gerik dan mimik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa, Pertama, keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator struktur pidato tergolong baik sekali (BS) dengan means 93 yang terdapat pada rentangan 86-95%. Kedua, Keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator ketepatan ucapan tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan means 74 yang terdapat pada rentangan 66-75%. Ketiga, keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator gerak-gerik dan mimik tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan means 68 yang terdapat pada rentangan 66-75%. Keempat, keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk ketiga indikator tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan means 75 yang terdapat pada rentangan 66-75%.