Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Disertai Permainan Edukatif Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk SMP

Main Author: Risa, Septarina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1097/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1097/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1097/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1097/4/11010073%20RISA%20SEPTARINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1097/
Daftar Isi:
  • Lembar Kerja Peserta Didik yang dipakai disekolah pada umumnya masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan oleh guru, cakupannya masih belum luas sehingga pengetahuan siswa masih tergolong minim, dan gambar yang disajikan masih hitam putih. Selain itu, LKPD yang digunakan kurang memperhatikan kebutuhan siswa sehingga tidak menggali kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa. jika kondisi ini dibiarkan terus- menerus maka fungsi LKPD sebagai sumber belajar tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kreatif siswa. Untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis sains teknologi masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKPD berbasis sains teknologi masyarakat pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu tahap Analisys (analisa), Design (perancangan), Delevop (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari dosen, guru, dan siswa. Data dianalisis dengan deskriptif berupa presentase dan uji t. Hasil penelitian berupa satu buah LKPD Berbasis Sains Teknologi Masyarakat disertai Permainan Edukatif pada Materi Pencemaran lingkungan. Hasil validasi dari dosen dan guru rata-rata 84,63% dengan kriteria sangat valid. Pada uji perorangan yaitu oleh 3 orang siswa dengan rata-rata 82,53% sangat valid. Praktikalitas guru rata-rata 80,89% dengan kriteria praktis dan hasil praktikalitas siswa rata-rata 81,54% dengan kriteria sangat praktis, serta hasil uji efektifitas siswa rata-rata pada pretest 49,65 dengan kriteria cukup dan rata pada postest 59,44 dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh Ttabel = 1,71 dan thitung = 2,82. Rata-rata motivasi 83,53% dengan kriteria sangat tinggi. Rata-rata aktivitas belajar siswa 65,38% dengan kriteria tinggi. LKPD Berbasis Sains Teknologi Masyrakat (STM) Disertai Permainan Edukatif Pada Materi Pencemaran Lingkungan valid, praktis dan efektif pada kelas VII.