Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis paragraf persuasi siswa kelas X MAN Salido. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah siswa tidak mampu menulis paragraf persuasi sesuai dengan topik yang diberikan. Siswa tidak mampu menulis paragraf persuasi dalam bentuk satu paragraf, tetapi hanya mampu membuat dalam bentuk satu kalimat saja. Kurangnya penerapan media pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa kurang berkeinginan untuk menulis. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam mengajarkan keterampilan menulis paragraf persuasi. Guru hanya menugaskan siswa membuat paragraf persuasi secara bebas saja tanpa menggunakan media yang kreatif, sehingga diperlukan teknik yang mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas media iklan audio visual dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi siswa kelas X MAN Salido. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan One-Groop Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Salido yang terdaftar pada tahun 2013/2014 yang terdiri atas 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X/3. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menulis sebuah paragraf persuasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu sebelum dan sesudah menggunakan media iklan audio visual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis paragraf persuasi siswa kelas X/3 MAN Salido sebelum menggunakan media iklan audio visual berada pada kualifikasi kurang (K) dengan nilai rata-rata 48,53. Kedua, kemampuan menulis paragraf persuasi sesudah menggunakan media iklan audio visual siswa kelas X/3 MAN Salido berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 81. Ketiga, efektivitas media iklan audio visual terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan media iklan audio visual dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi dari hasil uji-t pada taraf 0,05 t hitung=62,26 > t tabel=1,70 dengan demikian H1 diterima. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media iklan audio visual lebih efektif.