Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hubungan kemampuan menyimak pidato dengan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Secara terperinci, tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menyimak pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kemampuan menyimak pidato dengan Kemampuan Menulis Teks Pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 278 orang yang tersebar dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu propotional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 27 orang siswa yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes kemampuan menyimak pidato dan teks pidato tulisan siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan tes objektif untuk kemampuan menyimak pidato dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis teks pidato. Berdasarkan hasil penelitain disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menyimak pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik 77,7 4 yang terletak pada rentangan (76-85%). Kedua, kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik 80,80 yang terletek pada rentangan (76-85%) . Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak pidato dengan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang, diperoleh t hitung sebesar 4,20 lebih besar dari t tabel dengan derajat kebebasan (n-2) dan taraf siginifikan 95% yaitu sebesar 1,71.