Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Berdasarkan latar belakang tersebut diajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) bagaimanakah kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang berbantuan media audio dengan teknik kerangka tulisan dari segi struktur pidato dan (2) bagaimanakah kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang berbantuan media audio dengan teknik kerangka tulisan dari segi kalimat efektif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja dalam menulis teks pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang berbantuan media audio dengan teknik kerangka tulisan. Komponen yang diteliti diberi nilai berdasarkan rumus yang telah ditetapkan dan hasilnya dijumlahkan. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tingkatan yaitu baik, cukup dan kurang. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang berbantuan media audio dengan teknik kerangka tulisan dari segi struktur pidato dan kalimat efektif berada pada kualifikasi baik dengannilai rata-rata 85,55berada pada rentangan 76-85%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang berbantuan media audio dengan teknik kerangka tulisan berada pada kualifikasi baik. Dari kesimpulan yang diperoleh, maka disarankan kepada guru bahasa Indonesia SMA Negeri 12 Padang agar lebih meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa dengan variasi teknik dan media pembelajaran.