Kemampuan Menulis Surat Pembaca dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas IX SMP Negeri 25 Padang
Main Author: | Rona, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10938/1/09080234%20RONA%20YULIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10938/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10938/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10938/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10938/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah, Pertama, siswa tidak dapat menulis surat pembaca berdasarkan surat pembaca yang tepat. Kedua, siswa tidak memahami aturan dalam menulis surat pembaca yang telah ditentukan. Ketiga, faktor lingkungan siswa yang kurang mendukung untuk menulis surat pembaca. Keempat, guru tidak menerapkan teknik pembelajaran menulis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis surat pembaca dengan teknik pemodelan siswa kelas IX SMP N 25 Padang. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) hakikat menulis, (2) surat pembaca, (3) pengajaran keterampilan menulis dengan teknik pemodelan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 25 Padang, berjumlah 28 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX 3. Teknik pengambilan sampel, yaitu Purposive Sample (sampel bertujuan) yang dikemukakan oleh Arikunto. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Negeri 25 Padang dengan menggunakan teknik pemodelan untuk indikator 1 (judul) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 90,00 berada pada rentangan 86--95% berdasarkan skala 10, indikator 2 (sapaan) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 95,00 berada pada rentangan 86--95% berdasarkan skala 10, indikator 3 (isi) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata 98,57 berada pada rentangan 96--100% berdasarkan skala 10, indikator 4 (nama dan alamat) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata 100 berada pada rentangan 96--100% berdasarkan skala 10.Jadi secara keseluruhan kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Negeri 25 Padang dengan menggunakan teknik pemodelan sudah tuntas dengan rata-rata penguasaan kelas berada pada taraf kualifikasi baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 91,89 berada pada rentangan 86--95% berdasarkan skala 10.