Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik Isian Rumpang (Group Cloze) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota

Main Author: Nurfadillah, Nurfadillah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10920/2/10080039%20NURFADILAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10920/1/ABSTRAK1.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10920/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10920/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10920/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah sebagai penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa, yaitu Pertama, kurangnya minat siswa dalam pembelajaran membaca. Kedua, kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran membaca. Ketiga, bahan bacaan yang diberikan guru kepada siswa masih terbatas pada LKS saja. Keempat, kurangnya penggunaan teknik dalam pembelajaran membaca, sehingga siswa kurang memahami isi bacaan yang bacanya. Kelima, siswa kurang mendapatkan latihan dalam membaca pemahaman. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik isian rumpang (group cloze) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota yang terdaftar pada tahun ajaran 2013–2014 berjumlah 145 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara persentase secara acak (propotional random sampling). Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang atau 25% dari jumlah siswa perkelas. Data penelitian ini adalah berupa nilai tes membaca pemahaman dengan menggunakan teknik isian rumpang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak. Instrumen yang digunakan adalah tes isian berupa teks berjudul “Stop Kekerasan Seksual pada Anak” yang kata-katanya dirumpangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik isian rumpang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung M = 81 berkisar antara 76-85%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, siswa yang tergolong pada kualifikasi sempurna sebanyak 5 orang (14%). Kedua, siswa yang tergolong pada kualifikasi baik sekali sebanyak 5 orang (14%). Ketiga, siswa yang tergolong pada kualifikasi baik sebanyak 14 orang (39%). Keempat, siswa yang tergolong pada kualifikasi lebih dari cukup sebanyak 9 orang (25%). Kelima, siswa yang tergolong kualifikasi cukup sebanyak 3 orang (8%). Secara umum, berdasarkan rata-rata hitung (M) tingkat kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik isian rumpang siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Guguak adalah Baik M = (81), karena berkisar antara 76 – 85%.