Daftar Isi:
  • Menulis adalah memproduksi kembali informasi ke dalam tulisan. Dengan menulis seseorang dapat menggambarkan pola pikirannya ke dalam tulisan, salah satu tulisan yang berisi pola pikir yang disertai dengan bukti bukti adalah tulisan argumentasi. Dalam menulis argumentasi sangat dibutuhkan kemampuan penalaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan penalaran siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Kedua, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Ketiga, hubungan kemampuan penalaram dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Data dalam penelitian ini, yaitu (1) kemampuan penalaran siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang, (2) keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang, dan (3) hubungan kemampuan penalaram dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Data yang sudah terkumpul dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan penskoran terhadap hasil penalaran siswa. Kedua, menentukan skor keterampilan menulis argumentasi. Ketiga, mengubah skor tes kemampuan penalaran dan keterampilan menulis argumentasi menjadi nilai dengan menggunakan persentase. Keempat, mengelompokan nilai kemampuan penalaran dan keterampilan menulis argumentasi berdasarkan pedoman konversi skala sepuluh. Kelima, menentukan rata-rata hitung (M) dari masing-masing tes. Keenam, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Ketujuh, mengkorelasikan nilai kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis argumentasi. Kedelapan, melakukan uji persyaratan analisis. Kesembilan, menguji hipotesis yang diajukan dengan melakukan uji signifikan (uji t). kesepuluh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan hasil pembahasan dengan cara mendeskripsikan hubungan kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis argumentasi siswa SMA PGRI 1 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan penalaran siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang berada pada kualifikasi baik. Kedua, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,18 > 1,71).