Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP N 14 Padang dengan Teknik Mengganti Puisi
Main Author: | Liza, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10899/1/10080170%20LIZA%20ANGGRAINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10899/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10899/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10899/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10899/ |
Daftar Isi:
- Kurangnya pemahaman siswa terhadap menulis puisi menyebabkan pembelajaran menulis puisi sulit diterapkan di sekolah. Kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menulis puisi sebagai berikut. Pertama, siswa sulit memilih diksi yang tepat. Kedua, siswa kurang mampu memaparkan sesuatu yang dilihat, didengar, dan dirasakannya. Ketiga, siswa kurang menguasai unsur-unsur pembangan puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan teknik mengganti puisi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan teori yang berhubungan dengan objek penelitian yang mencakup hakikat menulis, tujuan menulis, langkah-langkah menulis, hakikat puisi, ciri-ciri puisi, unsur pembangun puisi, hakikat teknik mengganti puisi, dan penerapan teknik mengganti puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 221 orang yang terdaftar pada tahun 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan jumlah 35 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan teknik mengganti puisi untuk indikator 1 (ganti kata) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata 96% yang berada pada rentangan 95-100% pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan teknik mengganti puisi untuk indikator 2 (rima) tergolong baik sekali (BS) 92% yang berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Ketiga, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan teknik mengganti puisi untuk indikator 3 (tipografi) tergolong lebih dari cukup (LDC) 70% yang berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Keempat, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan teknik mengganti puisi untuk ketiga indikator (ganti kata, Rima, dan tipografi) tergolong baik sekali (BS) 86% yang berada pada rentangan 86-95% pada skala 10.