Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimanakah kemampuan menulis surat resmi Berdasarkan Memo siswa kelas VIII SMPN 8 Koto XI Tarusan. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut: bagaimanakah tingkat kemampuan menulis surat resmi Berdasarkan Memo siswa kelas VIII SMPN 8 Koto XI Tarusan ditinjau dari aspek bagian-bagian surat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Koto XI Tarusan berjumlah 50 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposional Sampling. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, kemampuan menulis surat resmi Berdasarkan Memo siswa kelas VIII SMPN 8 Koto XI Tarusan untuk indikator kepala surat tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata tingkat penguasaan 75 berada pada rentangan 66 — 75% menurut persentase skala 10. Kemampuan menulis surat resmi Berdasarkan Memo siswa untuk indikator pembukaan surat tergolong baik dengan rata-rata tingkat penguasaan 81 berada pada rentangan 76 — 85% menurut persentase skala 10. Kemampuan menulis surat resmi berdasarkan memo untuk indikator isi surat tergolong baik dengan rata-rata tingkat penguasaan 77 berada pada rentangan 76 — 85% menurut persentase skala 10. Kemampuan menulis surat resmi berdasarkan memo untuk indikator penutup surat tergolong cukup dengan rata-rata tingkat penguasaan 64 berada pada rentangan 56 — 65% menurut persentase skala 10. Kemampuan menulis surat resmi berdasarkan memo untuk indikator bahasa baku tergolong hampir cukup dengan rata-rata tingkat penguasaan 50 berada pada rentangan 46 — 55% menurut persentase skala 10. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis surat resmi berdasarkan memo siswa untuk keseluruhan indikator tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata yaitu 70 berada pada rentangan 66 — 75%.