Analisis Penalaran Induktif dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Juli, Waldi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10892/1/09080292%20JULI%20WALDI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10892/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10892/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10892/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10892/ |
Daftar Isi:
- Penalaran induktif memiliki tiga pola pengembangan yaitu generalisasi, analogi, dan hubungan kausal yang terdapat di dalam karangan argumentasi siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengembangan penalaran induktif dalam karangan argumentasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah analisis penalaran induktif dalam karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian ini adalah karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Data tersebut berjumlah 20 karangan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap karangan argumentasi siswa, ditemukan ketiga pola pengembangan penalaran induktif yang meliputi generalisasi sebanyak 18 data, analogi 1 data, dan hubungan kausal yang terbagi menjadi 3 pola (sebab ke akibat, akibat ke sebab, dan akibat ke akibat) sebanyak 34 data yaitu sebab ke akibat sebanyak 24 data, akibat ke sebab sebanyak 3 data, dan akibat ke akibat sebanyak 7 data. Jadi, pengembangan Penalaran Induktif dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan didominasi oleh pola pengembangan dengan bentuk hubungan kausal.