Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berikut. Pertama, pengetahuan siswa dalam menulis puisi masih kurang. Kedua, siswa kesulitan mengembangkan ide dalam menulis puisi. Ketiga, teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis puisi kurang bervariasi. Keempat, minat siswa dalam menulis puisi masih kurang. Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang tanpa menggunakan teknik menulis puisi berdasarkan cerita. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik menulis puisi berdasarkan cerita. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik menulis puisi berdasarkan cerita terhadap menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, hakikat menulis. Kedua, hakikat puisi. Ketiga, teknik menulis puisi berdasarkan cerita dalam pembelajaran menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis puisi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik menulis puisi berdasarkan cerita berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82,71. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 14 Padang tanpa menggunakan teknik menulis puisi berdasarkan cerita berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata 73,03. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa teknik menulis puisi berdasarkan cerita berpengaruh secara signifikan terhadap menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang.