Pengaruh Teknik Reka Cerita Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Hesti, Alfala Tunda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10887/3/10080069%20HESTI%20ALFALA.T..pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10887/1/ABSTRAK1.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10887/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10887/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10887/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan ditinjau dari Pelaku, alur, dan latar sebelum diterapkan teknik reka cerita gambar. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan ditinjau dari pelaku, alur, dan latar sesudah diterapkan teknik reka cerita gambar. Ketiga, menganalisis perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah diterapkan teknik reka cerita gambar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) keterampilan menulis cerita pendek, (2) teknik reka cerita gambar, (3) penerapan teknik reka cerita gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one gruop pretest posttest design. Prosedur penelitan ini adalah (1) tahap pretest, (2) posstest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X2 MAN Salido tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa kelas X2 MAN Salido tahun pelajaran 2013/2014 adalah 252 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas X2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) melakukan pretest, teknik pengumpulan data sebelum diterapkan teknik teknik reka cerita gambar, (2) perlakuan dengan menerapkan teknik reka cerita gambar, (3) mengadakan posstest. Untuk menganalisis data digunakan rumus rata-rata hitung dan rumus uji t guna mengetahui pengaruh teknik reka cerita gambar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data, pengaruh teknik reka cerita gambar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa setelah diterapkan teknik reka cerita gambar lebih tinggi dari sebelum diterapkan teknik reka cerita gambar, dengan nilai rata-rata posttest adalah 75,333 dan nilai rata-rata pretest adalah 63,033. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,51 sedangkan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik reka cerita gambar terhadap keterampilan menulis cerpen berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan.