Kemampuan Membaca Teknis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang Menggunakan Teknik Membaca Bergantian
Main Author: | Febrianti, Ria Saputri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10877/1/10080141%20FEBRIANTI%20RIA%20SAPUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10877/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10877/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10877/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10877/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca teks berita. Siswa sulit membacakan berita dengan intonasi, artikulasi, dan vokal yang tepat.Siswa tidak dapat membaca teks berita dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 September 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca teknis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang menggunakan teknik membaca bergantian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah. (1) kemampuan memahami dan mengerti makna bacaan dengan nilai rata-rata (Mean) 87 dengan kualifikasi “baik sekali” pada rentangan 86 — 95% pada rentangan skala 10; (2) kemampuan mengelompokkan kata-kata dengan nilai rata-rata (Mean) 89 dengan kualifikasi “baik sekali” pada rentangan 86 — 95% pada rentangan skala 10; (3) kemampuan menggunakan pengucapan dan vokal dengan nilai rata-rata (Mean) 87 dengan kualifikasi “baik sekali” pada rentangan 86 — 95% pada rentangan skala 10; (4) kemampuan menggunakan kontak atau hubungan dengan nilai rata-rata (Mean) 64 dengan kualifikasi “cukup” pada rentangan 56 — 65% pada rentangan skala 10; (5) kemampuan menggunakan ekspresi dengan nilai rata-rata (Mean) 92 dengan kualifikasi “baik sekali” pada rentangan 86 — 95% pada rentangan skala 10, (6) kemampuan menggunakan penampilan dengan nilai rata-rata (Mean) 67 dengn kualifikasi “lebih dari cukup” pada rentangan 66 — 75% pada rentangan skala 10; (7) kemampuan siswa dalam membaca teknis teks berita dengan menggunakan teknik membaca bergantian secara umum berada pada kualifikasi baik yaitu dengan rata-rata (Mean) sebesar 81 pada kualifikasi 76 — 85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca teknis teks berita secara umum siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang dengan menggunakan teknik membaca bergantian memperoleh nilai 81 berada pada kualifikasi “baik” pada rentangan 76 — 85%.