Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca berita karena teknik yang digunakan belum sesuai. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan pembaharuan terhadap pembelajaran kemampuan membaca berita dengan menggunakan teknik inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Membaca Berita dengan Menggunakan Teknik Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Penelitian ini menggunakan teori Tarigan tentang membaca, Semi tentang berita dan Sanjaya tentang Teknik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 243 orang yang tersebar 5 kelas yang terdaftar tahun 2013/2014. Sampel pada penelitian ini adalah 35 siswa dengan teknik Random Sampling (memilih sampel secara acak) dengan cara mengambil 5 siswa dari tiap-tiap kelas untuk dijadikan sampel. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes objektif untuk menentukan unsur-unsur yang terdapat dalam berita. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Kemampuan Membaca Berita dengan Menggunakan Teknik Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang, (1) apa tergolong lebih dari cukup (LdC) (70) karena M-nya berada pada rentangan (66-75). (2) siapa tergolong baik sekali (Bs) (89,6) karena M-nya berada pada rentangan (86-75). (3) kapan tergolong baik (B) (85,7) karena M-nya berada pada rentangan (76-85). (4) dimana tergolong sempurna (S) (96,2) karena M-nya berada pada rentangan (96-100). (5) kenapa tergolong cukup (C) (53,9) karena M-nya berada pada rentangan (56-65). (6) bagaimana tergolong lebih dari cukup (C) (67,5) karena M-nya berada pada rentangan (66-75). Jadi Kemampuan Membaca Berita dengan Menggunakan Teknik Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang tergolong baik (B) (78) karena M-nya berada pada rentangan (76-85).