Kemampuan Menulis Sinopsis Novel dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Erna, Susi Boru Manalu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10875/2/10080060%20ERNA%20SUSI%20BR%20MANALU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10875/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10875/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10875/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10875/ |
Daftar Isi:
- Pengajaran keterampilan berbahasa di sekolah bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, salah satu keterampilan menulis adalah menulis sinopsis novel dengan menggunakan teknik pemodelan. Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, pembelajaran menulis kurang diminati oleh siswa khususnya menulis sinopsis novel. Kedua, siswa kurang memahami pembelajaran menulis sinopsis novel sehingga sulit menentukan tahapan alur, tokoh, dan latar pada novel tersebut. Ketiga, guru tidak menggunakan teknik saat pembelajaran menulis sinopsis novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis sinopsis novel dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya ditinjau dari tahapan alur, tokoh, dan latar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 dan 19 Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 230 yang tersebar dalam tujuh kelas. Analisis data dilakukan dengan langkah: (1) membaca sinopsis novel yang ditulis siswa, (2) memeriksa atau memberi skor hasil tulisan siswa berdasarkan aspek yang diteliti, (3) mencatat skor yang diperoleh setiap siswa, (4) mengolah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase, (5) menghitung kemampuan menulis sinopsis siswa berdasarkan rata-rata hitung (M), (6) mengelompokkan nilai siswa dengan menggunakan skala 10, (7) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis sinopsis novel, (8) membuat histogram kemampuan menulis sinopsis novel, (9) menganalisis dan membahas hasil temuan, (10) menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis sinopsis novel dengan menggunkan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya, dilihat dari indikator 1 (tahapan alur) tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 82%, untuk indikator 2, (tokoh) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 95%, untuk indikator 3 (latar) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 93%. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis sinopsis novel dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya untuk gabungan ketiga indikator (tahapan alur, tokoh, latar, dan penokohan) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 90%.