Kemampuan Membedakan Paragraf Deduktif dan Induktif Siswa Kelas XI SMA Adabiah 2 Padang Melalui Kegiatan Membaca Pemahaman
Main Author: | Diniati, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10870/1/10080028%20DINIATI%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10870/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10870/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10870/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10870/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti akan mengukur kemampuan siswa terhadap pembelajaran kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif melalui kegiatan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang melalui kegiatan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan teori Tarigan tentang membaca, Agustina tentang membaca pemahaman dan Semi tentang Paragraf. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 153 orang yang tersebar 4 kelas yang terdaftar tahun 2013/2014. Sampel pada penelitian ini adalah 32siswa dengan teknik Purposional Random Sampling (memilih sampel secara acak) dengan cara mengambil 8 siswa dari tiap-tiap kelas untuk dijadikan sampel. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes objektif untuk membedakan paragraf deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang melalui kegiatan membaca pemahaman dapat disimpulkan sebagai berikut, (1) indikator menentukan paragraf deduktif dengan presentase 89,2% tergolong baik sekali (Bs), (2) indikator menentukan paragraf induktif dengan presentase 88,46% tergolong baik sekali (Bs). Jadi kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang melalui kegiatan membaca pemahaman tergolong baik sekali (Bs)dengan presentase 88,75%.