Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga alasan, Pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis terutama menulis cerpen. Kedua, kurangnya motivasi yang diberikan guru dalam menulis cerpen. Ketiga, kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang dalam mendeskripsikan pelaku, alur, dan latar dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA negeri 14 padang tahun ajaran 2013/2014. Jumlah siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang tahun ajaran 2013/2014 adalah 288 orang yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sample berjumlah 32 orang. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang dengan menggunakan media audio visua, dilihat dari aspek 1 (pelaku) tergolong baik sekali (BS), karena Meanya berada pada penguasaan 86-95% dengan rata-rata hitung 88. Untuk aspek 2,( alur) tergolong baik sekali (BS), karena Meanya berada pada penguasaan 86-95% dengan rata-rata 86. Untuk aspek 3 (latar) tergolong baik (B), karena Meannya berada pada penguasaan 76-85% dengan rata-rata 77. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang sudah mampu dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual secara keseluruhan tergolong baik (B) karena Meannya berada pada penguasaan 76-85% dengan rata-rata hitung 84.