Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas XI MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan dengan Teknik Pemodelan
Main Author: | Desri, Mayora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10865/3/10080155%20DESRI%20MAYORA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10865/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10865/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10865/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10865/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan yang masih rendah. Kemampuan menulis daftar pustaka masih rendah disebabkan karena kurangnya pengetahuan siswa tentang konsep daftar pustaka dan guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan dengan Teknik pemodelan pada tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2014/2015 yaitu, sebanyak 244 orang siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian dalam penelitian ini sebanyak 35 orang siswa yang diambil 15% perkelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan cara memberikan tes menulis daftar pustaka kepada siswa. Data pada penelitian ini adalah hasil dari tes kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan dengan teknik pemodelan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan adalah: untuk indikator nama pengarang tergolong baik sekali dengan rata-rata sebesar 93,34 berada pada rentangan 86-95%, untuk indikator judul tergolong baik dengan rata-rata sebesar 77,16 berada pada rentangan 76-85%, data publikasi tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata sebesar 69,87 berada pada rentangan 66-75%, dan untuk indikator pengurutan secara alfabetis tergolong kurang sekali dengan rata-rata 33,4 berada pada rentangan 26-35% pada skala 10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara umum kemampuan menulis daftar pustaka siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik pemodelan untuk keempat indikator tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata 66,7 berada pada rentangan 66-75%. Jadi, siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salido Kabupaten Pesisir Selatan diharapkan untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis daftar pustaka.