Keefektifan Teknik Jigsaw Terhadap Pembelajaran Membaca Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Asriliana, Asriliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10851/3/10080218%20ASRILIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10851/1/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10851/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10851/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10851/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas VII-5 SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman sebelum diterapkan teknik jigsaw, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas VII-5 SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman sesudah diterapkan teknik jigsaw, dan (3) mengetahui keefektifan sebelum dan sesudah diterapkan teknik jigsaw terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII.5 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, tes yang diterapkan adalah tes esay. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan, Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) kemampuan membaca teks cerpen siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam sebelum diterapkan teknik jigsaw berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 70,16. (2) kemampuan membaca teks cerpen siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam sesudah diterapkan teknik jigsaw berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 89,6. Pengujian hipotesis melalui pengukuran menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 6,94 dan ttabel sebesar 2,060 pada P 0,05. Perbandingan antara thitung dengan ttabel menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini berarti hipotesis (H1), terdapat keefektifan yang signifikan yaitu perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan teknik jigsaw terhadap kemampuan membaca teks cerpen siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam, hipotesis (H1) diterima.