Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Menggunakan Teknik Menulis Buku Harian Siswa Kelas X SMA KARTIKA 1-5 PADANG
Main Author: | Anisa, Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10848/2/09080204%20ANISA%20KURNIA_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10848/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10848/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10848/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10848/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas keterampilan menulis narasi ekspositoris menggunakan teknik menulis buku harian siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu salah satu penyebab kurangnya minat siswa dalam menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keterampilan menulis narasi ekspositoris menggunakan teknik menulis buku harian siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Kajian teori yang digunakan adalah (1) hakikat menulis, (2) hakikat narasi, (3) ciri-ciri karangan narasi ekspositoris, (4) langkah-langkah menulis karangan narasi ekspositoris dan (5) buku harian dan langkah-langkah menulis buku harian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 PADANG yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 319 yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang (15% x jumlah siswa perkelas). Data penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis narasi ekspositoris menggunakan teknik menulis buku harian siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang tergolong cukup dengan rata-rata 57,082% berada pada rentangan 56-65%. Selanjutnya keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang ditinjau dari (1) memperluas pengetahuan tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata penguasaan siswa sebesar 47,73%, (2) menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata penguasaan sebesar 48,64%, (3) bahasanya lebih cenderung bahasa informatif dengan menitikberatkan pada penggunaan kata-kata denotatif tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata penguasaan sebesar 52,91%.