Profesional Guru Sosiologi di SMA Negeri 7 Padang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
Main Author: | Martinus, Liliu Satoutou |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10836/1/Abstrak.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10836/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10836/3/10070278%20MARTINUS%20LILIU%20SATOUTOU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10836/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kompetensi Profesional Guru Sosiologi di SMA Negeri 7 Padang. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan Kompetensi Professional Guru mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tipe penelitiannya Deskriptif. Teknik pemilihan informan purposive sampling dan metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan analisis data Lexy Moleong yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Profesional Guru Sosiologi di SMA Negeri 7 Padang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, untuk menguasai struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, guru mengikuti kegiatan diskusi MGMP, membaca dan pelatihan. Untuk menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu guru mengikuti kegiatan lokakarya. Untuk mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, guru mengikuti seminar dan diskusi. Untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjuta dengan melakukan tindakan reflektif, guru melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dengan kuliah kembali di perguruan tinggi dan membuat karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan untuk memanfaatkan teknologi informasi komunikasi untuk pengembangan diri guru mengikuti pelatihan atau penataran.